Fakta-Fakta Tentang Kesehatan Wanita

Fakta-Fakta Tentang Kesehatan Wanita. Wanita dan pria memiliki banyak masalah kesehatan yang serupa, tetapi wanita memiliki masalah kesehatan mereka sendiri, yang patut mendapat perhatian khusus. Kehidupan wanita telah berubah selama berabad-abad. Secara historis, kehidupan sangat sulit bagi kebanyakan wanita. Selain dari banyak bahaya dan penyakit, wanita menjadi istri dan ibu sering ketika mereka baru saja muncul dari masa kecil mereka sendiri.

Kesehatan Wanita

Informasi Baru ini akan membahas luas tentang Kesehatan Wanita. Banyak wanita memiliki sejumlah besar kehamilan yang mungkin atau mungkin tidak diinginkan. Di masa lalu, persalinan itu sendiri berisiko dan sering, menyebabkan kematian ibu. Sebagian besar wanita di masa lalu tidak hidup cukup lama untuk khawatir tentang menopause atau usia tua. Rentang hidup seorang wanita adalah sekitar 50 tahun. Sekarang, di milenium baru, harapan hidup rata-rata untuk wanita adalah 82 tahun, dan itu terus meningkat.

Tidak hanya wanita yang hidup lebih lama, tetapi mereka juga dapat mengantisipasi kemungkinan menikmati kualitas hidup yang lebih baik selama rentang tahun mereka. Untuk mencapai hal ini, penting bagi wanita untuk bertanggung jawab atas tubuh mereka sendiri dan bahwa mereka memahami bagaimana mereka dapat memaksimalkan kesehatan dan kebugaran pribadi mereka . Juga bermanfaat bahwa pria memahami dan mendukung masalah kesehatan wanita.

Ginekologi adalah cabang utama ilmu kedokteran yang berkaitan dengan masalah kesehatan wanita. Kata “gynecology” adalah kata yang terdiri dari “gyneco,” yang berarti “wanita,” dan “logika,” yang berarti “pengetahuan.” Secara keseluruhan, ini adalah “pengetahuan wanita.” Penting bahwa setiap wanita memiliki akses ke pengetahuan yang terkait dengan spektrum masalah kesehatan wanita, tidak hanya tentang sistem reproduksinya, tetapi juga tentang semua aspek tubuhnya.

Apa yang berbahaya bagi kesehatan wanita ?

Kesehatan dan kesejahteraan umum wanita

Ada informasi yang dapat dipercaya tersedia bagi wanita tidak hanya pada masalah seperti gangguan makan , stres , alkoholisme , kecanduan, dan depresi , tetapi juga pada topik dasar seperti nutrisi yang baik , kesehatan jantung, dan olahraga . Misalnya, bermanfaat bagi seorang wanita untuk mempertahankan berat badan optimalnya.

Jika ukuran pinggang wanita lebih dari 35 inci (89 cm), ia lebih mungkin terserang penyakit jantung , tekanan darah tinggi , dan diabetes. Makan makanan yang masuk akal, menghilangkan camilan setelah makan malam, dan menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari adalah cara yang signifikan untuk membantu mengendalikan berat badan dan menurunkan risiko daftar panjang masalah kesehatan.

Merokok berbahaya bagi kesehatan siapa pun, serta kesehatan orang-orang di sekitar mereka. Sayangnya, wanita tetap merokok meskipun risiko kesehatan diketahui. Wanita merokok terlepas dari risiko yang dipublikasikan dengan baik termasuk kanker , penyakit jantung , dan masalah kesehatan lainnya yang tak terhitung banyaknya.

Minum alkohol dalam jumlah berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan. Meskipun wanita biasanya mulai minum pada usia lebih tua daripada pria dan cenderung minum sedikit, dosis rendah alkohol diperlukan bagi wanita untuk mengembangkan masalah medis terkait alkohol termasuk toksisitas alkohol, sirosis , dan hepatitis .

Wanita harus sadar bahwa mereka memetabolisme sejumlah obat berbeda dari pria. Dalam beberapa kasus dan untuk beberapa obat, laju metabolisme mungkin lebih lambat, dan dalam kasus lain, lebih cepat. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk mendapat informasi tentang jenis dan dosis obat yang mereka minum.

Bagaimana dengan antami seorang wanita?

Anatomi wanita

Ada perbedaan besar dalam anatomi antara pria dan wanita yang membutuhkan pertimbangan. Karena lebih banyak wanita sekarang berpartisipasi dalam olahraga, banyak perbedaan anatomi sedang diidentifikasi, seringkali karena atlet pria dan wanita mengalami berbagai jenis cedera. Pada wanita, paha belakang (otot di belakang kaki) tidak sekuat pada pria.

Wanita juga memiliki rasio pinggul ke lutut yang lebih luas daripada pria. Kaki seorang wanita relatif lebih panjang dan tubuhnya lebih pendek dari pria dengan ukuran yang sebanding. Ia memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah, massa otot lebih sedikit, tulang lebih padat, dan persentase lemak tubuh lebih tinggi.

Perbedaan anatomi antara pria dan wanita melampaui sistem reproduksi dan kerangka. Misalnya, mereka melibatkan otak dan jantung. Faktanya, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita di. Sekarang digambarkan sebagai “pembunuh kesempatan yang sama.” Lebih dari satu dari tiga wanita dewasa memiliki beberapa bentuk penyakit kardiovaskular .

Wanita cenderung menderita serangan jantung pertama 10 tahun lebih lambat daripada pria. Untuk alasan yang masih belum jelas (dan membutuhkan penelitian lebih lanjut), kemungkinan wanita yang lebih muda meninggal karena serangan jantung secara signifikan lebih besar daripada pria. Selain itu, gejala-gejala serangan jantung yang akan datang mungkin agak berbeda pada wanita daripada pada pria. Seorang wanita lebih cenderung mengabaikan gejala dan gagal mencari perhatian medis. Setiap wanita perlu mengembangkan program jantung sehatnya sendiri.

Bagaimana dengan sistem reproduksi wanita ?

Sistem reproduksi wanita

Karena sistem reproduksi wanita memainkan peran penting sepanjang hidup seorang wanita, sistem ini menerima pertimbangan khusus. Sistem reproduksi wanita meliputi rahimnya, saluran tuba, indung telur, serviks, dan genitalia eksterna. Payudara juga dapat dimasukkan, meskipun, secara teknis, mereka bukan bagian dari sistem reproduksi. Payudara memang memainkan peran utama dalam kehamilan dan menjadi ibu.

Meskipun fungsi utama dari sistem reproduksi adalah untuk mengandung dan melahirkan anak-anak, sistem reproduksi wanita memberikan kontribusi besar bagi kewanitaannya secara keseluruhan. Karena rumitnya sistem reproduksinya, ia dapat mengalami sejumlah masalah mulai dari infeksi jamur pada vagina hingga fibroid rahim atau kista ovarium.

Jika seorang wanita membuat pilihan berdasarkan informasi tentang perawatan kesehatannya, dia harus memahami sistem reproduksinya. Operasi besar umum yang dilakukan pada wanita yang tidak hamil adalah histerektomi . Histerektomi, operasi pengangkatan rahim, mengakhiri menstruasi dan kemampuan bawaan wanita untuk hamil. Seorang wanita perlu memahami pilihannya sebelum dia dapat memutuskan apakah histerektomi adalah solusi terbaik untuk kondisi medis khususnya.

Bagaimana dengan hormon seorang wanita ?

Hormon adalah zat kimia yang dikeluarkan oleh suatu organ yang berjalan melalui cairan tubuh untuk mempengaruhi jaringan lain di dalam tubuh. Intinya, hormon adalah “pembawa pesan kimiawi.” Banyak hormon, terutama yang mempengaruhi pertumbuhan dan perilaku, ada pada pria dan wanita. Namun demikian, wanita lebih sering digambarkan berada di bawah pengaruh hormon mereka, sebagai subjek dari “gelombang” hormonal atau “badai”.

Beberapa hormon menjadi perhatian khusus bagi wanita. Hormon seks yang diproduksi oleh ovarium tidak hanya terlibat dalam pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan reproduksi, tetapi mereka juga mempengaruhi jaringan tubuh lainnya, termasuk massa tulang. Ini bisa menjadi masalah bagi wanita yang berjuang untuk menurunkan lemak tubuh (misalnya, atlet, model, dan balerina) dan untuk wanita dengan gangguan makan.

Wanita dengan lemak tubuh rendah sering tidak menghasilkan jumlah hormon seks yang cukup. Karena itu, mereka dapat mengalami penghentian menstruasi, osteoporosis (penipisan tulang), patah tulang, dan kondisi lain yang serupa dengan yang dihadapi oleh banyak wanita pasca-menopause.

Setelah menopause , tubuh wanita memproduksi lebih sedikit hormon estrogen dan progesteron wanita . Gejala transisi menopause dapat mengganggu bagi sebagian wanita. Banyak dokter meresepkan terapi hormon (HT, HRT ) untuk meringankan gejala menopause, meskipun terapi ini harus diberikan untuk jangka waktu pendek karena peningkatan frekuensi serangan jantung dan sedikit peningkatan risiko kanker payudara .

Baca Juga : Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan Karena Hamil

Masalah hormonal sangat berkaitan dengan Kesehatan Wanita. Bagi wanita tidak terbatas pada masalah yang melibatkan hormon seks. Sebagai contoh, penyakit tiroid , termasuk hipertiroidisme (aktivitas kelenjar tiroid yang berlebihan ) dan hipotiroidisme (aktivitas tiroid yang kurang ), jauh lebih umum pada wanita daripada pria.

Updated: Mei 14, 2019 — 6:11 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *