Penyakit Apa Yang Terjadi Pada Wanita ?

Penyakit Apa Yang Terjadi Pada Wanita ? Banyak penyakit mempengaruhi perempuan dan laki-laki, tetapi beberapa penyakit terjadi pada frekuensi yang lebih tinggi pada perempuan.

Penyakit Pada Wanita

Informasi Baru ini akan membahas beberapa Penyakit Pada Wanita Sebagai contoh sebai berikut :

Batu empedu.

Tiga sampai empat kali lebih umum pada wanita daripada pria. Sekitar 18% wanita menderita sakit kepala migrain dibandingkan dengan hanya 6% pria, rasio tiga banding satu wanita dengan pria. Kondisi lain yang terlihat lebih sering pada wanita daripada pada pria termasuk sindrom iritasi usus dan infeksi saluran kemih .

Kanker payudara

Secara umum, semakin kecil tumornya, semakin kecil kemungkinannya menyebar ke organ atau kelenjar getah bening. Wanita berusia 20-an dan 30-an memiliki ujian payudara klinis (CBE) oleh seorang profesional kesehatan sekitar setiap 3 tahun dan ujian setiap tahun untuk wanita berusia 40 tahun ke atas. Pemeriksaan payudara klinis tidak menggantikan skrining kanker payudara dengan mamografi.

Bagaimana dengan Mammogram?

Mammogram membantu mendeteksi tumor payudara. Mamografi adalah tes sinar-X dosis rendah yang dapat membantu menemukan keganasan kecil pada tahap paling awal ketika masih sangat dapat diobati. American Cancer Society (ACS) merekomendasikan mammogram dasar untuk semua wanita pada usia 40 dan mammogram tahunan untuk wanita 40 dan lebih tua selama mereka dalam kesehatan yang baik.

Pada wanita tertentu (mereka yang memiliki “payudara kental” atau gejala payudara, atau wanita dengan risiko tinggi terkena kanker payudara,) kadang-kadang direkomendasikan untuk baseline atau mammogram pertama pada usia 35 tahun. Namun, Terhadap skrining mamografi rutin untuk wanita sebelum usia 50 tahun dan skrining berakhir pada usia 74 tahun.

Wanita berusia antara 50 dan 74 memiliki mammogram setiap 2 tahun. Wanita yang memiliki faktor risiko tertentu untuk kanker payudara dapat disarankan untuk mengikuti jadwal skrining kesehatan yang berbeda.

Pertimbangkan Vaksin HPV.

Vaksin HPV menawarkan perlindungan terhadap IMS ini. Ada dua vaksin yang tersedia untuk pencegahan jenis infeksi HPV tertentu. Gardasil dan Cervarix melindungi terhadap jenis virus tertentu yang terkait dengan keganasan. Ada lebih dari 100 jenis HPV; tidak semua dari mereka mampu menginfeksi saluran genital dan dari mereka yang dapat menyebabkan infeksi genital, tidak semua menyebabkan kanker serviks.

Vaksin tidak memberikan perlindungan lengkap terhadap semua jenis HPV, sehingga penting bagi pasien untuk terus mendapatkan Pap smear sesuai jadwal yang diuraikan oleh dokter. Diskusikan potensi risiko dan manfaat vaksinasi dengan profesional kesehatan.

Masalah apa saja yang dapat terjadi?

Tulang Rapuh dan Masalah Kesehatan

Osteoporosis menyebabkan lemah, tulang rapuh yang rentan terhadap patah tulang. Kondisi ini lebih umum karena wanita menua dan kehilangan massa tulang. Kadang-kadang, gejala osteoporosis pertama mungkin patah tulang setelah jatuh atau pukulan yang relatif kecil.

Setidaknya setengah dari semua patah tulang pada wanita di atas usia 50 disebabkan oleh osteoporosis. Sekitar 25% patah tulang pada pria di atas usia 50 tahun disebabkan oleh kondisi tersebut. Wanita di atas usia 50 tahun harus mendiskusikan tes kepadatan mineral tulang dengan dokter mereka. Mereka yang berusia 65 atau lebih harus melakukan tes setidaknya satu kali.

X-ray absorptiometry (DXA) energi ganda adalah tes yang mengukur kekuatan tulang. Ini juga disebut tes kepadatan mineral tulang. Tes skrining ini direkomendasikan untuk semua wanita di atas usia 65 tahun. Mungkin disarankan untuk wanita yang lebih muda yang cenderung memiliki kepadatan mineral tulang yang rendah atau patah tulang.

Populasi yang lebih rentan mungkin termasuk mereka yang memiliki penyakit ginjal kronis, gangguan makan, rheumatoid arthritis, berat badan rendah, menopause dini, tidak aktif secara fisik, atau kondisi lainnya. Hasil tes dapat menunjukkan adanya osteoporosis sebelum patah tulang terjadi.

Pemeriksaan Kanker Kulit

Sebagian besar kanker kulit dapat diobati jika didiagnosis dini. Karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa adalah jenis tumor non-melanoma yang paling umum dan paling berbahaya. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Itu ditunjukkan dalam gambar ini.

Kecenderungan untuk mengembangkan melanoma dapat diturunkan. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan potensi untuk mengembangkan melanoma.

Tahi Lalat berbahaya

Beberapa faktor menunjukkan bahwa tahi lalat mungkin ganas. Seorang dokter keluarga atau dokter kulit sering dapat membedakan antara tahi lalat normal dan yang ganas. Ukuran, bentuk, warna, dan batas tahi lalat menunjukkan apakah itu jinak atau ganas. Pertumbuhan dengan batas asimetris atau tidak teratur dapat menjadi perhatian.

Kehadiran beberapa warna dalam tahi lalat mungkin merupakan tanda keganasan. Mol yang berubah atau berevolusi dari waktu ke waktu dapat menunjukkan keganasan. Dokter dapat mengambil biopsi dari pertumbuhan yang mencurigakan untuk mengkonfirmasi atau mengesampingkan keganasan. Seorang dokter dapat melakukan skrining kulit sebagai bagian dari pemeriksaan fisik tahunan.

Pemeriksaan apa yang harus saya dahulukan?

Pemeriksaan Tekanan Darah Tinggi

Ketahui tekanan darah Anda. Tekanan darah (BP) meningkat seiring bertambahnya usia. Ini dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular bersama dengan faktor risiko lain seperti diabetes, peningkatan lingkar pinggang, LDL tinggi, dan trigliserida tinggi. Tekanan darah tinggi dikaitkan dengan peningkatan potensi serangan jantung dan stroke.

Setiap orang harus diskrining untuk tekanan darah tinggi, yang dapat merusak ginjal, mata, dan organ lainnya. BP yang ideal kurang dari 120/80 mm Hg. Orang dewasa di atas usia 20 harus memiliki penilaian tekanan darah setiap 2 tahun. Jika seorang wanita memiliki risiko kesehatan jantung, dokternya mungkin ingin menyaringnya untuk tekanan darah tinggi lebih sering.

Cara Mengukurnya

Tekanan darah adalah kombinasi dari dua angka yang berbeda. Angka teratas disebut tekanan sistolik. Ini mewakili tekanan dalam pembuluh darah selama detak jantung. Angka bawah adalah tekanan diastolik. Ini mewakili tekanan dalam pembuluh darah di antara detak jantung. Nilai 120/80 mm Hg dianggap sebagai nilai sehat.

Nilai antara 120/80 mm Hg dan 139/89 dianggap mewakili prehipertensi. Ini adalah tahap awal yang menandakan bahwa tekanan darah tinggi dapat berkembang. Nilai yang 140/90 mm Hg atau lebih tinggi adalah tinggi. Klinik, pusat kesehatan masyarakat, dan bahkan beberapa apotek memiliki skrining tekanan darah gratis. Sumber daya ini tersedia untuk semua orang.

Pemeriksaan Kesehatan Tingkat Kolesterol

Kolesterol adalah molekul lemak yang ada dalam darah. Beberapa jumlah diperlukan untuk menjaga kesehatan, tetapi kadar yang terlalu tinggi meningkatkan potensi pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis). Kelebihan lipid darah dapat menyumbat pembuluh darah di arteri, yang akhirnya menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Seiring dengan peningkatan indeks massa tubuh, merokok, diabetes, dan faktor lainnya, lipid darah tinggi dikaitkan dengan perkembangan penyakit kardiovaskular (CVD). Panel lipid darah harus menjadi bagian dari pemeriksaan kesehatan kesehatan setiap wanita.

Kebanyakan wanita harus memeriksakan kadar kolesterol puasa setiap 4 hingga 6 tahun sejak usia 20 tahun. Tes ini mengukur kadar kolesterol total, HDL atau “baik,” dan LDL atau “buruk” dari lipid darah. Seorang dokter dapat merekomendasikan seorang wanita untuk diskrining lebih sering jika ada faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Penting kah Pemeriksaan Diabetes?

Kebanyakan orang yang menderita diabetes tipe 2 (T2D) tidak tahu mereka mengidapnya. Ini dapat dikaitkan dengan penyakit ginjal, stroke, kebutaan, dan masalah kesehatan lainnya. Setiap wanita harus menjalani pemeriksaan glukosa darahnya setidaknya setiap 3 tahun dimulai pada usia 45 tahun.

Kadar tinggi dikaitkan dengan pradiabetes, T2D, dan resistensi insulin. Wanita yang cenderung mengalami CVD dan kelebihan berat badan mungkin disarankan untuk diperiksa gula darahnya sebelum usia 45 atau lebih sering daripada setiap 3 tahun.

Tingkat glukosa darah puasa adalah tes umum untuk memeriksa T2D dan pradiabetes. Pasien harus berpuasa setidaknya 8 jam sebelum mengikuti tes. Tingkat antara 100 dan 125 dapat mengindikasikan pradiabetes. Nilai apa pun yang 126 atau lebih tinggi dapat berarti T2D hadir. Tes hemoglobin A1c (hemoglobin terglikasi) menunjukkan kadar gula darah pasien selama 3 bulan sebelumnya.

Baca Juga : Bagaimana Haid Normal Pada Wanita ?

Tes toleransi glukosa oral menilai kemampuan tubuh untuk menggunakan gula. Ini dapat dilakukan ketika kadar gula darah tinggi, tetapi tidak cukup tinggi untuk memenuhi kriteria T2D. Ini juga dapat digunakan untuk mendiagnosis diabetes gestasional. Untuk mengetahui Penyakit Pada Wanita Sebagian besar wanita harus diskrining setiap 3 tahun dimulai pada usia 45 tahun. Skrining yang lebih sering mungkin direkomendasikan untuk beberapa wanita.

Updated: Mei 14, 2019 — 6:40 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *