Sehat Group

Informasi tentang kesehatan

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan Karena Hamil

cara mengatasi terlambat datang bulan

cara mengatasi terlambat datang bulan

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh juga dapat mengganggu pola normal menstruasi pada seorang wanita. Selain itu, hamil juga bisa menjadi penyebab mengapa seorang wanita terlambat menstruasi. Di bawah ini adalah tips bagaimana cara mengatasi terlambat datang bulan karena hamil.

4 Tips Mengatasi Terlambat Datang Bulan

  1. Pengobatan

Anda mungkin tidak perlu melakukan perawatan untuk periode menstruasi yang tidak teratur kecuali memang siklus yang tidak teratur ini sudah mengganggu Anda. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan hipotiroidisme adalah dua penyebab umum dari menstruasi yang tidak teratur pada wanita.

Secara umum tujuan pengobatan adalah untuk mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh. Jika Anda mengalami PCOS, maka Anda akan dapat rekomendasi pil KB atau obat penggugur kandungan untuk memicu menstruasi.

Jika Anda memiliki hypothyroidism (tiroid yang kurang aktif), Anda mungkin perlu mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon tiroid.

  1. Mengubah kontrol kelahiran.

Jika Anda memiliki periode yang tidak teratur setelah 3 bulan kelahiran hormonal, Anda bisa meminta rekomendasi jenis lain dari rencana keluarga berencana (KB) Anda atau pengendalian kelahiran Anda. Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur saat menggunakan Nexplanon, Depo-Provera, atau IUD atau pil KB lainnya.

  1. Merubah gaya hidup.

Beberapa wanita mengalami perubahan pada siklus haid mereka karena terlalu banyak berolahraga. Anda mungkin perlu membuat latihan olahraga menjadi kurang intens, atau jarang. Jika stres adalah masalahnya, maka pelajari cara mengatasi stres Anda dan berkonsultasilah pada seorang psikiater untuk bisa membantu Anda.

Perubahan ekstrim dalam berat badan Anda juga dapat memengaruhi menstruasi Anda. Penambahan berat badan bisa membuat tubuh Anda lebih sulit untuk berovulasi, jadi penurunan berat badan bisa membantu melancarkan siklus haid. Namun, penurunan berat badan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan periode yang tidak teratur. Jadi rubahlah gaya hidup Anda menjadi normal.

  1. Terapi hormon (HT).

Siklus menstruasi yang tidak teratur sering disebabkan oleh kurangnya atau ketidakseimbangan dalam hormon tertentu dalam tubuh. Banyak dokter sering memberi resep pil kontrasepsi oral sebagai cara mengatasi terlambat datang bulan karena hamil.

Pil kontrasepsi mengandung hormon estrogen dan progesteron untuk membantu mengontrol menstruasi yang tidak teratur. Obat hormon yang disebut progestin juga dapat membantu memicu menstruasi pada wanita yang tidak teratur.

Sekedar saran kami anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sehat Group © 2018 Frontier Theme