Berapa Jam Yang Dibutuhkan Untuk Tidur?

Berapa Jam yang dibutuhkan untuk Tidur? – Tidur sangat penting untuk kesehatan Anda. Namun, ketika hidup menjadi sibuk, sering kali hal pertama yang diabaikan atau dikorbankan. Ini sangat disayangkan karena tidur yang baik sama pentingnya dengan kesehatan dengan makan makanan sehat atau berolahraga yang cukup.

Jam yang dibutuhkan untuk Tidur

Artikel Baru ini akan membahas berapa Jam yang dibutuhkan untuk Tidur. Tidur lebih dari sekadar waktu bagi tubuh dan pikiran Anda untuk beristirahat. Faktanya, saat Anda tidur, tubuh Anda bekerja keras. Selama waktu ini, tubuh Anda membangun kembali otot-otot yang telah Anda habiskan di siang hari dan membersihkan plak dan limbah berbahaya yang diproduksi di otak.

Ini adalah proses penting yang menjaga pikiran dan tubuh Anda berjalan dengan baik . Pikiran Anda juga memproses dan merespons emosi dan pengalaman penting dari hari itu dan menyerahkannya ke memori. Tidur juga penting untuk mengatur emosi Anda.

Faktanya, kurang tidur hanya satu malam dapat meningkatkan respons emosional Anda terhadap perasaan negatif sebesar 60% . Belum lagi, kekurangan itu membuat tubuh Anda sulit untuk mengatur hal-hal penting seperti pengendalian nafsu makan , sistem kekebalan tubuh Anda, fungsi metabolisme yang baik dan kemampuan Anda untuk mempertahankan berat badan yang normal

Terakhir, tidur memainkan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian Anda, atau jam internal. Jam batin ini beroperasi dengan jadwal sekitar 24 jam dan mengatur kapan Anda merasa bangun dan mengantuk. Ini juga dapat membantu mengatur hal-hal seperti metabolisme , fungsi kekebalan tubuh dan peradangan .

Bagaimana kualitas tidur yang baik ?

Tidak tidur cukup lama, tidur pada waktu-waktu aneh di siang hari dan paparan cahaya terang di malam hari dapat membuang jam batin ini dan banyak proses yang diaturnya. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa Anda cukup istirahat, tidak semua tidur diciptakan sama. Tidak hanya penting untuk mendapatkan cukup setiap malam, tetapi juga penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Namun demikian, tidak ada definisi universal untuk kualitas tidur. Ini dapat didefinisikan sebagai berapa lama Anda tertidur, seberapa sering Anda bangun di malam hari, seberapa banyak istirahat yang Anda rasakan pada hari berikutnya atau
berapa banyak waktu yang Anda habiskan dalam berbagai tahap tidur .

Karena tidur yang baik diperlukan untuk banyak aspek kesehatan yang baik, Anda harus menjadikan cukup tidur setiap malam sebagai prioritas utama. Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas diperlukan untuk berbagai alasan, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan fungsi metabolisme, memproses ingatan hari itu dan mempertahankan berat badan normal.

Diperkirakan hampir sepertiga orang dewasa dan dua pertiga siswa sekolah menengah tidak cukup tidur setiap malam. Sayangnya, tidak cukup tidur dengan kualitas yang baik dapat menyebabkan lebih banyak bahaya daripada sekadar merasa lelah . Jika Anda kurang tidur, Anda kurang mampu membuat keputusan yang baik, kurang kreatif dan lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan mobil atau meninggal pada usia dini .

Ini mungkin sebagian karena fakta bahwa tidak cukup tidur dapat merusak kinerja kognitif Anda . Satu studi menemukan bahwa mendapatkan hanya lima jam per malam selama beberapa malam berturut-turut menurunkan kinerja mental sampai pada tingkat yang sama dengan meminum cukup alkohol untuk memiliki kadar alkohol dalam darah 0,06 .

Seolah itu tidak cukup, kurang tidur dapat membuat Anda merasa lebih negatif, kurang produktif dan bertindak kurang etis di tempat kerja . Lebih buruk lagi, mendapatkan kualitas yang buruk atau kurang tidur juga meningkatkan peluang Anda terkena penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, atau diabetes. Dan karena inilah saatnya tubuh Anda membersihkan sisa-sisa dan plak berbahaya dari otak, itu mungkin menjadi alasan mengapa kurang tidur tampaknya dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer.

Berapa Jam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas?

Meskipun demikian, jumlah tidur yang Anda butuhkan per malam sangat ditentukan oleh usia Anda. Rekomendasi resmi untuk durasi tidur dikelompokkan berdasarkan kelompok umur :

  • Orang dewasa yang lebih tua (65+): 7-8 jam
  • Dewasa (18-64 tahun): 7–9 jam
  • Remaja (14–17 tahun): 8–10 jam
  • Anak-anak sekolah (6–13 tahun): 9–11 jam
  • Anak-anak prasekolah (3-5 tahun): 10–13 jam
  • Balita (1-2 tahun): 11–14 jam
  • Bayi (4–11 bulan): 12–15 jam
  • Bayi baru lahir (0–3 bulan): 14–17 jam

Namun, beberapa orang mungkin membutuhkan lebih banyak atau kurang tidur daripada yang biasanya direkomendasikan, tergantung pada faktor-faktor berikut.

Riasan genetika

Genetika adalah penentu lain berapa jam tidur yang Anda butuhkan per malam. Mutasi genetik tertentu dapat memengaruhi berapa lama Anda perlu tidur, pada jam berapa Anda lebih suka tidur dan bagaimana Anda merespons kurang tidur . Sebagai contoh, mereka yang memiliki satu mutasi genetik tertentu mendapatkan denda sekitar enam jam, sedangkan orang-orang tanpa itu benar-benar membutuhkan sekitar delapan jam, rata-rata .

Dan orang-orang yang membawa mutasi genetik tertentu lainnya lebih dipengaruhi secara negatif oleh kurang tidur atau mengalami tidur yang lebih dalam . Sayangnya, susunan genetik Anda bukanlah sesuatu yang dapat Anda ubah, dan tidak ada cara praktis untuk mengetahui apakah Anda membawa salah satu dari mutasi ini. Karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana perasaan Anda untuk menentukan apakah Anda mendapatkan jumlah tidur yang tepat.

Kualitas Tidur

Kualitas tidur Anda juga dapat memengaruhi seberapa banyak yang Anda butuhkan. Jika kualitas tidur Anda buruk, Anda mungkin merasa lelah setelah mendapatkan apa yang dianggap cukup. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda mungkin dapat mengatur lebih baik dengan sedikit.

Banyak penelitian telah menemukan bahwa durasi tidur pendek, serta kualitas tidur yang buruk, bertanggung jawab atas banyak efek negatif yang berhubungan dengan tidur. Karena itu, tidak hanya penting untuk fokus pada tidur yang cukup lama, tetapi juga pada tidur yang cukup baik.

Seberapa banyak tidur yang Anda butuhkan tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, genetika, dan seberapa baik Anda tidur di malam hari. Namun demikian, 7-9 jam per malam sangat ideal untuk kebanyakan orang dewasa. Karena kualitas itu penting, cobalah memastikan Anda tidur nyenyak sepanjang malam.

Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas tidur ?

Ikuti jadwal rutin:

Tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu mengatur jam batin Anda. Mengikuti jadwal tidur yang tidak teratur telah dikaitkan dengan kualitas dan durasi tidur yang buruk

Buat rutinitas tidur yang menenangkan:

Mengadopsi rutinitas yang rileks sebelum tidur dapat membantu Anda dalam mood untuk tidur. Misalnya, mendengarkan musik yang menenangkan telah terbukti membantu meningkatkan kualitas tidur pada kelompok tertentu .

Ciptakan lingkungan yang nyaman:

Tidur di ruangan yang tenang dan gelap pada suhu yang nyaman dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Menjadi terlalu aktif sebelum tidur, terlalu hangat atau di lingkungan yang bising dikaitkan dengan kurang tidur

Minimalkan kafein, alkohol, dan nikotin:

Penelitian telah mengaitkan penggunaan kafein, alkohol, dan nikotin dengan kualitas tidur yang lebih buruk. Cobalah untuk menghindari kafein di sore dan malam hari.

Kurangi penggunaan elektronik Anda:

Penggunaan ponsel dan elektronik yang berlebihan telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk. Bahkan paparan cahaya ruangan yang terang sebelum tidur dapat berdampak negatif pada tidur Anda .

Lebih aktif:

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak aktif dikaitkan dengan kurang tidur, dan sebaliknya, berolahraga di siang hari dapat membantu Anda tidur lebih baik di malam hari

Berlatih meditasi:

Pelatihan meditasi dan relaksasi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan fungsi otak, walaupun penelitiannya tidak jelas
Tidur nyenyak penting untuk menjaga kesehatan dan istirahat.

Jumlah tidur yang Anda butuhkan bervariasi untuk setiap orang dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, bagi kebanyakan orang dewasa, 7-9 jam per malam adalah jumlah yang ideal. Perhatikan bagaimana perasaan Anda di siang hari untuk menentukan apakah Anda mendapatkan jumlah yang tepat untuk Anda.

Baca Juga : Fakta-Fakta Tentang Kesehatan Wanita

Jika Jam yang dibutuhkan untuk Tidur Anda cukup, Anda harus merasa terjaga dan berenergi sepanjang hari. Jika Anda merasa lamban atau sering lelah, Anda mungkin perlu tidur lebih banyak. Untuk memaksimalkan waktu tidur, ciptakan kebiasaan yang baik, seperti meminimalkan asupan kafein dan alkohol, mengikuti jadwal tidur yang teratur dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

 

Updated: Mei 15, 2019 — 2:05 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *