Bagaimana Mencegah Dan Mengobati HIV ?

Bagaimana Mencegah Dan Mengobati HIV ? – Mengetahui bahwa Anda menderita HIV dapat benar-benar mengecewakan. Anda mungkin merasa marah, malu, takut, atau malu pada awalnya. Tetapi Anda mungkin akan merasa lebih baik seiring berjalannya waktu – memiliki sistem pendukung yang baik dan mendapatkan konseling sangat membantu.

Mencegah dan Mengobati HIV

Artikel Baru ini akan membahas lebih luas lagi tentang cara Mencegah dan Mengobati HIV. Ada obat-obatan yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda tetap sehat, dan banyak cara untuk menghindari memberikan HIV kepada siapa pun yang berhubungan seks dengan Anda.

Kenyataannya adalah, orang dengan HIV dapat berhubungan, berhubungan seks, dan menjalani kehidupan normal dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan. HIV menyebar melalui air mani, cairan vagina, darah, dan ASI. Lindungi diri Anda dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks, dan jangan berbagi jarum dengan siapa pun.

Anda juga dapat bertanya kepada dokter Anda tentang PrEP – pil harian yang membantu mencegah HIV. HIV disebarkan melalui kontak dengan darah atau cairan seksual (seperti air mani dan cairan vagina), biasanya selama hubungan seks vaginal dan anal. Jadi satu-satunya cara pasti 100% untuk menghindari HIV adalah tidak melakukan hubungan seks vaginal atau anal.

Tetapi sebagian besar orang melakukan hubungan seks di beberapa titik dalam kehidupan mereka, jadi belajar tentang pencegahan HIV dan mengetahui bagaimana melakukan hubungan seks yang aman adalah penting. Menggunakan kondom dapat menurunkan risiko terkena HIV.

Jika Anda akan melakukan hubungan seks, menggunakan kondom setiap saat adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari HIV. Ada juga pil harian yang dapat Anda pakai disebut PrEP yang dapat membantu mencegah HIV. Dokter atau perawat Anda dapat memberi tahu Anda apakah PrEP tepat untuk Anda.

Kegiatan apa saja yang dapat menular?

Kegiatan-kegiatan ini “tidak berisiko” mereka tidak pernah menyebabkan kasus HIV yang dilaporkan:

  • masturbasi
  • menyentuh alat kelamin pasangan Anda
  • gosok tubuh Anda bersama-sama (dry humping)
  • ciuman
  • melakukan hubungan seks oral dengan kondom atau bendungan gigi
  • menggunakan mainan seks yang bersih

Kegiatan-kegiatan ini adalah “risiko yang lebih rendah” mereka hanya menyebabkan beberapa kasus HIV yang dilaporkan (dari jutaan):

  • ciuman yang dalam (jika orang dengan HIV memiliki luka atau pendarahan di mulut mereka)
  • seks vaginal dengan kondom dan / atau PrEP
  • seks anal dengan kondom dan / atau PrEP
  • seks oral tanpa kondom atau bendungan gigi

Kegiatan-kegiatan ini “berisiko tinggi” – jutaan orang terkena HIV dengan cara ini:
seks vaginal tanpa kondom atau PrEP

  • seks anal tanpa kondom atau PrEP
  • Lebih mudah bagi HIV untuk masuk ke tubuh Anda jika Anda memiliki luka, luka, atau bukaan di kulit Anda yang mungkin terkena air mani, cairan vagina, atau darah. Jadi jangan berhubungan seks jika Anda memiliki wabah herpes atau infeksi lainnya. Memiliki PMS lain membuat Anda lebih mungkin tertular HIV, jadi sebaiknya Anda dites untuk PMS secara teratur.
  • Tidak ada vaksin yang melindungi terhadap HIV, tetapi banyak orang yang berupaya membuatnya. Dan ada obat-obatan (disebut PEP dan PrEP ) yang dapat membantu mencegah HIV.

Jika Anda tidak memiliki HIV dan pasangan Anda melakukannya, mereka dapat melakukan pengobatan HIV yang disebut terapi antiretroviral (ART). ART dapat menurunkan peluang penyebaran HIV saat berhubungan seks. Dan beberapa orang yang memakai ART tidak dapat menularkan HIV ke pasangan mereka sama sekali.

Apa itu PrPP dan bagaimana cara mencegah HIV?

PrEP adalah singkatan dari profilaksis pra pajanan. Ini adalah pil yang Anda minum sekali sehari yang dapat membantu Anda mencegah HIV. Dokter atau perawat Anda dapat membantu Anda memutuskan apakah PrEP masuk akal untuk Anda. Baca lebih lanjut tentang PrEP.

Apa itu PEP dan bagaimana cara mencegah HIV?

PEP adalah singkatan dari profilaksis pasca pajanan. Ini adalah serangkaian pil yang mulai Anda gunakan setelah Anda terpajan HIV yang menurunkan peluang Anda terkena HIV. Anda harus memulai PEP dalam waktu 72 jam (3 hari), setelah Anda terpajan HIV agar dapat bekerja.

Semakin cepat Anda memulainya, semakin baik. Setiap jam penting, jadi jika Anda merasa terkena HIV, segera hubungi perawat atau dokter Anda atau langsung pergi ke ruang gawat darurat. PEP hanya untuk keadaan darurat – tidak menggantikan penggunaan kondom atau PrEP . Baca lebih lanjut tentang PEP.

Apa itu ART dan bagaimana ART membantu mencegah HIV?

Terapi antiretroviral (ART) adalah kombinasi dari obat-obatan yang memperlambat efek HIV dalam tubuh Anda dan dapat membantu Anda tetap sehat selama bertahun-tahun. Ini juga dapat menurunkan atau bahkan menghentikan peluang Anda untuk memberikan HIV kepada orang lain.

ART menurunkan jumlah HIV dalam tubuh Anda (disebut viral load Anda) – terkadang sampai pada titik di mana HIV tidak muncul pada tes darah standar. Jika viral load HIV Anda sangat rendah sehingga tes tertentu tidak dapat melihatnya, itu disebut “tidak terdeteksi.” Ketika seseorang memiliki viral load tidak terdeteksi, mereka tidak dapat menyebarkan HIV ke orang lain saat berhubungan seks.

Penting untuk diingat bahwa walaupun dengan viral load yang tidak terdeteksi, HIV masih ada dalam tubuh Anda. Jika Anda menghentikan pengobatan, viral load Anda dapat naik, sehingga memungkinkan untuk menularkan HIV kepada orang lain yang berhubungan seks dengan Anda. Dokter atau perawat Anda dapat membantu Anda menemukan pengobatan yang terbaik bagi Anda untuk membantu menjaga viral load Anda tetap rendah, sehingga Anda dapat tetap sehat.

Bagaimana saya bisa memastikan saya tidak memberikan HIV kepada siapa pun selama berhubungan seks?

Jika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki HIV, cobalah untuk tetap tenang. Orang yang hidup dengan HIV dapat memiliki hubungan normal dan sehat dan kehidupan seks. Tetapi penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk membantu pasangan Anda tetap bebas HIV.

Ada beberapa cara yang bisa Anda hindari untuk memberikan HIV kepada orang lain:

  • Selalu gunakan kondom ketika Anda melakukan hubungan seks vaginal dan anal.
  • Mulai pengobatan untuk HIV sesegera mungkin, dan terus minum obat HIV Anda.
  • Ketika Anda melakukannya dengan benar, pengobatan HIV dapat menurunkan atau bahkan menghentikan peluang Anda untuk menyebarkan virus ke pasangan seksual Anda (dan membantu Anda tetap sehat).
  • Ada pil harian yang bisa diminum pasangan Anda untuk menurunkan risiko terkena HIV, yang disebut PrEP .
  • Jangan berbagi jarum untuk memotret narkoba, tindikan, atau tato.
  • Diuji dan dirawat untuk IMS lain selain HIV secara teratur. Memiliki PMS lain memudahkan Anda untuk menyebarkan HIV ke orang lain.

Baca Juga :Fakta-Fakta Tentang Kesehatan Wanita

Lakukan ini untuk Mencegah dan Mengobati HIV. Jika Anda dinyatakan positif HIV, penting untuk memberi tahu pasangan seksual Anda tentang hal itu sehingga mereka dapat dites juga. Bahkan jika Anda benar-benar berhati-hati untuk tidak menyebarkan HIV, jujurlah dengan mitra masa depan Anda tentang status Anda sehingga Anda berdua dapat diberi tahu dan saling membantu agar tetap sehat.

Updated: Mei 15, 2019 — 2:41 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *