Bagaimana Cara Menghadapi HIV Dengan Bijak?

Bagaimana cara Menghadapi HIV dengan Bijak? Mengetahui bahwa Anda menderita HIV mungkin sulit. Tetapi dengan pengobatan dan dukungan, orang dengan HIV dapat hidup panjang, sehat, dan memenuhi kehidupan. Apa yang harus saya lakukan jika mengetahui saya mengidap HIV?

Menghadapi HIV dengan Bijak

Informasi terbaru ini akan memberikan anda tips bagaimana Menghadapi HIV dengan Bijak. Jutaan orang memiliki HIV. Anda pasti tidak sendirian. Sebagian besar orang mendapatkan setidaknya satu IMS selama hidupnya, dan memiliki HIV atau IMS lainnya tidak perlu merasa malu atau malu. Itu tidak berarti Anda “kotor” atau orang jahat.

Meskipun tidak ada obat untuk HIV, ada obat-obatan yang membantu orang dengan HIV hidup lebih lama, hidup lebih sehat. Pengobatan HIV yang disebut terapi antiretroviral (ART) menurunkan jumlah virus dalam tubuh Anda (disebut viral load Anda).

Beberapa orang yang memakai ART memiliki sejumlah kecil virus dalam tubuh mereka, mereka tidak dapat menularkan HIV ke pasangan seksual mereka sama sekali. Bahkan jika Anda merasa benar-benar baik-baik saja sekarang, kunjungi dokter sesegera mungkin sehingga Anda dapat berbicara tentang cara terbaik untuk tetap sehat.

Merawat kesehatan emosional Anda juga penting. Adalah ide yang baik untuk menemui seorang konselor atau terapis yang dilatih untuk membantu orang dengan HIV. Ada banyak kelompok pendukung daring dan tatap muka yang dapat memberi Anda tempat yang aman untuk membicarakan perasaan Anda dengan orang-orang yang memahami apa yang sedang Anda alami.

Sangat penting bagi Anda untuk memberi tahu siapa pun bahwa Anda berhubungan seks dengan HIV. Ini bukan percakapan yang paling mudah, tapi ini yang penting.

Bagaimana cara saya berbicara dengan orang tentang HIV?

Mungkin menakutkan untuk mengakui bahwa Anda mengidap HIV, tetapi membicarakan berbagai hal dapat benar-benar menenangkan pikiran Anda. Anda bisa bersandar pada teman dekat atau tidak menghakimi atau anggota keluarga yang Anda percayai untuk menjaga percakapan tetap pribadi.

Konselor dan kelompok pendukung juga dapat menjadi sumber kenyamanan – dan mereka dapat membantu Anda mengetahui cara berbicara dengan orang lain tentang HIV Anda. Berhati-hatilah dengan siapa Anda memberi tahu status Anda – orang dengan HIV terkadang berurusan dengan diskriminasi yang tidak adil.

Tidak ada cara yang tepat untuk berbicara dengan pasangan Anda tentang HIV, tetapi berikut adalah beberapa tips dasar yang mungkin membantu:

Bagaimana Saya Melakukannya?

  • Cobalah untuk tetap tenang dan ingat bahwa Anda bukan satu-satunya yang berurusan dengan ini. Jutaan orang memiliki HIV, dan banyak dari mereka dalam hubungan. Cobalah untuk memulai percakapan dengan sikap tenang dan positif. Memiliki HIV adalah masalah kesehatan, dan itu tidak berarti apa-apa tentang Anda sebagai pribadi.
  • Ketahui fakta HIV dan AIDS Anda. Ada banyak mitos tentang HIV di luar sana, jadi bacalah faktanya dan bersiaplah untuk menjawab pertanyaan pasangan Anda. Lihat HIV.gov . Biarkan pasangan Anda tahu ada obat yang dapat membantu Anda hidup untuk waktu yang lama dan menghindari menularkan HIV kepada mereka. Kondom yang lebih aman – seperti kondom dan PrEP – juga dapat membantu melindungi pasangan Anda.
  • Pikirkan tentang waktu. Pilih waktu ketika Anda tidak akan terganggu atau terganggu, dan tempat yang pribadi dan santai. Jika Anda gugup, Anda dapat membicarakannya dengan teman yang mengetahui status atau penasihat Anda terlebih dahulu, atau berlatih dengan berbicara kepada diri sendiri. Ini mungkin terdengar aneh, tetapi berlatih mengucapkan kata-kata dengan keras dapat membantu Anda mengetahui apa yang ingin Anda katakan dan merasa lebih percaya diri ketika Anda berbicara dengan pasangan Anda.
  • Keselamatan pertama. Jika Anda takut pasangan Anda mungkin menyakiti Anda, Anda mungkin lebih baik dengan email, teks, atau panggilan telepon atau dalam kasus-kasus ekstrem, tidak memberi tahu mereka sama sekali.
  • Cobalah untuk tidak memainkan permainan menyalahkan saat Anda berbicara dengan pasangan Anda. Jika salah satu dari Anda tes positif selama hubungan, itu tidak secara otomatis berarti seseorang menipu. Dibutuhkan beberapa bulan bagi HIV untuk muncul pada tes, dan kebanyakan orang tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun.

Bagaimana cara Menyadarinya?

Jadi banyak orang terinfeksi HIV untuk waktu yang lama tanpa menyadarinya, dan sulit untuk mengetahui kapan dan di mana seseorang mendapatkan virus. Yang paling penting adalah Anda berdua dites. Jika ternyata hanya satu dari Anda yang terinfeksi HIV, bicarakan tentang bagaimana Anda dapat menjaga yang lain aman dari HIV.

Sangat penting juga untuk memberi tahu mitra masa lalu Anda bahwa Anda memiliki HIV, sehingga mereka dapat dites juga. Banyak departemen kesehatan memiliki program yang membuat pasangan Anda tahu bahwa mereka terpapar HIV tanpa memberi mereka nama Anda kecuali Anda menginginkannya.

Apa yang perlu saya ketahui tentang berkencan dengan HIV?

Beberapa orang merasa kehidupan cintanya sudah berakhir ketika mereka mengetahui bahwa mereka terinfeksi HIV, tetapi itu tidak benar. Orang dengan HIV dapat memenuhi hubungan romantis dan seksual. Orang yang hidup dengan HIV dapat memiliki hubungan dengan pasangan yang tidak memiliki HIV (disebut serodiscordant) atau dengan pasangan yang juga hidup dengan HIV (disebut seroconcordant).

Pengobatan HIV membantu menjaga kesehatan Anda dan membantu Anda menghindari menularkan HIV kepada orang lain. Jika pasangan Anda tidak memiliki HIV, mereka juga dapat minum obat yang disebut PrEP yang dapat membantu melindungi mereka dari terkena HIV melalui hubungan seks.

Penting untuk memberi tahu pasangan seksual Anda tentang status HIV Anda. Dengan begitu, Anda dan pasangan dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang seks yang lebih aman, tes, dan perawatan yang tepat untuk Anda berdua.

Apa yang perlu saya ketahui tentang berkencan dengan HIV?

Adalah normal untuk khawatir tentang bagaimana reaksi pasangan Anda. Dan tidak ada jalan lain: beberapa orang mungkin akan ketakutan. Jika itu terjadi, cobalah untuk tetap tenang dan bicarakan rencana Anda untuk tetap sehat dan bagaimana mereka dapat tetap HIV negatif.

Mungkin membantu memberi sedikit waktu dan ruang bagi pasangan Anda untuk memproses. Anda juga dapat menyarankan mereka berbicara dengan dokter HIV Anda tentang cara untuk melindungi diri dari HIV.

Jika Anda memberi tahu seseorang bahwa Anda mengidap HIV dan dia menyakiti Anda, membuat Anda malu, atau membuat Anda merasa buruk, itu tidak masalah. Anda layak bersama seseorang yang menghormati dan peduli pada Anda, dan ada banyak orang di luar sana yang mau.

Baca Juga: Fakta-Fakta Tentang Kesehatan Wanita

Akankah HIV mempengaruhi kehamilan saya?

Bayi dapat terinfeksi HIV selama kehamilan, kelahiran, atau menyusui – oleh karena itu disarankan agar semua orang dites awal kehamilan. Bagaimana Menghadapi HIV dengan Bijak Jika Anda memiliki HIV, obat antiretroviral sangat mengurangi peluang Anda untuk memberikan HIV kepada bayi Anda. Dengan pengobatan, kurang dari 2 dari 100 bayi yang lahir dari wanita dengan HIV akan terinfeksi. Tanpa perawatan, sekitar 25 dari 100 bayi akan terinfeksi.

Updated: Mei 15, 2019 — 2:56 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *